Kamis, 24 Januari 2013

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Pisang adalah jenis buah yang mempunyai manfaat yang sangat banyak sekali terutama bagi kesehatan. Manfaat buah pisang tersebut tidak terlepas dari kandungan daging buah pisang tersebut yang sangat kaya akan karbohidrat, vitamin dan beberapa jenis mineral yang lainnya. Oleh karena itulah dengan mengkonsumsi buah pisang ini dapat mengenyangkan sekaligus menambah energi di dalam tubuh kita sehingga semakin fit dan segar. Mungkin tidak salah jika kita menjadikan buah berbentuk bulan sabit ini sebagai salah satu bahan makanan alternatif yang dapat membakar energi didalam tubuh kita. Oleh karena itulah topik pembahasan tentang manfaat buah pisang ini menjadi sangat menarik untuk di ulas.
manfaat buah pisang
Gambah Buah Pisang

Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa buah pisang di Negara Indonesia tersedia sangat melimpah dan juga banyak sekali jenisnya sebut saja seperti pisang susu, pisang ambon, pisang emas, pisang raja dan masih banyak lagi yang lainnya. Kita bisa mendapatkan buah pisang dengan harga sangat murah sekali dan selain itu mengkonsumsinya pun sangat mudah bisa disantap langsung atau diolah menjadi jajanan seperti pisang goreng atau kita bisa menjadikannya minuman jus pisang.

Sudah banyak sekali penelitian yang membahas mengenai banyaknya manfaat dari buah pisang ini bagi dunia kesehatan. Manfaat tersebut berasal dari kandungan dari buah pisang itu sendiri yang mempunyai cakupan gizi yang sangat banyak, beberapa kandungan dari buah pisang seperti karbohidrat, kalsium, fosfor, kalium, magnesium dan mineral lainnya. Selain itu buah pisang juga mengandung cukup vitamin seperti vitamin C, vitamin B6 dan vitamin kompleks. Baiklah berikut ini adalah sedikit ulasan saya mengenai manfaat buah pisang bagi kesehatan :

- Memperlancar kinerja dari sistem otak kita, hal ini terjadi karena buah pisang mengandung serotonin yang merupakan sebuah zat aktif yang dapat memperlancar tranmisi yang ada di otak kita.

- Menambah energi di dalam tubuh,manfaat ini sudah sangat jelas sekali karena seperti yang kita ketahui bahwa buah pisang kaya akan kandungan karbohidrat yang digunakan oleh tubuh sebagai energi.

- Menyembuhkan anemia, gejala kekurangan darah merah dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah pisang yang sudah masak secara teratur karena terbukti dapat memperbanyak kandungan hemoglobin dalam darah.

- Memperkuat tulang dan gigi, buah pisang juga dapat membantu menguatkan tulang dan gigi sebab mengandung banyak garam mineral yang membantu hal tersebut seperti kalsium dan kalium. Oleh karena itulah buah pisang ini sangat cocok jika dikonsumsi oleh anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.

- Menambah nafsu makan, apabila anda memiliki masalah dengan nafsu makan anda yang berkurang sepertinya mengkonsumsi buah pisang adalah pilihan tepat karena kandungannya dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.

- Menurut penelitan belakangan ini menyebutkan bahwa buah pisang bermanfat untuk mengurangi resiko terkena beberapa jenis penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, HIV, liver dan diare.

- Mengurangi kecanduan merokok, benar sekali bahwa buah pisang dapat mengurangi efek nikotin pada tubuh hal ini karena buah pisang mengandung vitamin B6 dan B12.

Itulah tadi beberapa bahasan saya mengenai khasiat buah pisang.Setelah kita ketahui bersama ternyata menfaat buah pisang bagi kesehatan cukup banyak , oleh karena itulah mulai saat ini ayo kita sering mengkonsumsi buah pisang secara teratur sebagai salah satu pelengkap makanan pencakup gizi bagi tubuh kita karena kesehatan kita adalah hal yang paling utama. Mungkin itu saja informasi saya mengenai manfaat buah pisang dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar